Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keadilan... Pentingkah??

Di era modern ini kita sering melihat atau mendapatkan berita baik dimedia elektronik maupun media cetak yang mengabarkan bahwa seorang yang seharusnya bersalah dan kesalahannya itu terbukti dengan jelas, tetapi penegak hukum malah memutuskan bahwa orang itu tidak bersalah atau paling tidak hukuman yang diberikan tidak sebanding dengan tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang tersebut atau sering juga kita temukan orang yang tidak melakukan kesalahan apapun malah ditetapkan bersalah oleh penegak hukum

Berbicara masalah keadilan, negara kita ini tergolong negara yang miskin akan keadilan, hal ini disebabkan bukan karena para penegak hukum itu tidak mengetahui apa keadilan itu tetapi ini disebabkan oleh beberapa faktor,salah satu faktor timbulnya ketidak adilan dinegeri ini disebabkan oleh kecintaan dan kebencian. Padahal di dalam Al Qur’an Allah berfirman dalam surah al maidah ayat 8 yang berbunyi :   

ولا يجرمنكم شنئا ن قوم علي الا تعدلوا اعد لو هو اقر ب للتفقوي وا تقوا الله ان الله خبير بما اتعملو ن

artinya : 

Dan janganlah kebencianmu terhadap uatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah. karena (adil) itu lebih dkat kepada Allah (Q.S. Al Maidah : 8 ) 

Didalam ayat ini terdapat dua penafsiran tentang شنئا ن , pertama menafsirkan bahwa شنئا ن adalah kebencian , sedangkan yang kedua menafsirkan شنئا ن adalah kecintaan. Nabi muhammad pun bersabda yang artinya ” ada 7 golongan yang akan mendapatkan pertolongan dari Allah dimana pada waktu itu tidak ada pertolongan selain pertolongan-Nya, yang pertama adalah imam yang adil. 

Kesimpulannya, janganlah kebencian dan kecintaan kita terhadap seseorang atau terhadap suatu golongan membuat kamu tidak berlaku adil karena dengan berlaku tidak adil kita telah melakukan dua kali kesalahan pertama kepada korban dan yang kedua kepada Allah swt. wallahu a’lam

Posting Komentar untuk "Keadilan... Pentingkah??"