Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CodeIgniter Config Folder

Sebelumnya kita telah membahas struktur folder yang ada pada folder CodeIgniter (CI), tedapat 3 folder utama yaitu Application, System dan User_guide. Folder Config merupakan salah satu folder yang ada pada folder Application. Sebelum kita memulai mendevelop website menggunakan CI, kita harus mengatur atau setting beberapa konfigurasi dasar yang berada pada folder Config tersebut.

Adapun file yang berada pada folder Config sebagai berikut : 
Config Folder
Ada beberapa file yang harus kita konfigurasi diawal yaitu autoload, config, database dan routes. Pertama autoload, berfungsi untuk memuat/load beberapa resource(library, helper dll) secara otomatis ketika website dijalankan / diakses. Jadi ketika kita membutuhkan salah satu atau beberapa resource yang selalu/sering digunakan maka kita muat pada file autoload tersebut. Perlu diingat bahwa semakin banyak resource yang kita muat di autoload maka semakin besar juga waktu yang dibutuhkan untuk memuatnya, ada baiknya tidak semua resource yang kita muat diautoload tetapi hanya beberapa resource yang penting saja.
Autoload.php file
Kedua config, berfungis untuk mengkonfigurasi pengaturan dasar seperti alamat url (base_url), halaman index (index_page), akhiran url (url_suffix), enkripsi (encryption_key) session, cookie dan lain-lain. 

Ketiga database, berfungsi untuk mengkonfigurasi koneksi database (username, password, database_name, dll) yang akan kita gunakan dalam mendevelop website. 

Keempat routes, berfungsi untuk mengatur lalu lintas website, terdapat beberapa route yang harus di konfigurasi yaitu default_controller, 404_override, translate_uri_dashes. default_controller untuk menkonfigurasi controller mana yang akan diload saat pertama kali website diakses. 404_override untuk mengarahkan ke halaman pemberitahuan jika controller yang diakses tidak ada. translate_uri_dashes memiliki nilai false atau true, dimana ketika memiliki nilai true maka tanda hubung ( - ) yang ada pada url controller atau method uri diganti dengan garis bawah ( _ ) .

Posting Komentar untuk "CodeIgniter Config Folder"