Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Fungsi Count, Countif dan Countifs di Excel

Hallo sobat #robians blog.

Kali ini kita akan membahas bagaimana menggunakan fungsi count, countif dan countifs di excel. Langsung saja kita bahas bagaimana caranya

Count

Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah cell diantara dua range yang berisi data numerik / angka dan tidak menghitung cell yang berisi data string / alfabet.

Contoh, dalam cell E3 kita menuliskan fungsi COUNT(B3:E3) yang terdiri dari 4 cell, tetapi hasi dari hitungannya hanya 3, karena kolom nama tidak dihitung.



Countif

Fungsi Countif digunakan untuk menghitung cell berdasarkan suatu kondisi tertentu (kurang dari, lebih besar dari, sama dengan dll.). Kondisi tersebut dapat berupa nilai numerik atau nilai string.

Contoh, dalam cell C15 kita menuliskan fungsi COUNTIF(C3:C13;”>17”) , dimana fungsi tersebut akan menghitung cell yang memiliki nilai lebih besar dari 17 dan cell yang memiliki nilai lebih besar dari 17 adalah 6 cell.


Kita juga bisa menggunakan karakter wildcard dalam kondisi fungsi CountIf.

Contoh, dalam cell B15 kita menuliskan fungsi COUNTIF(B3:B13;”H*”) , dimana fungsi tersebut akan menghitung cell yang memiliki nilai awal huruf H dan cell yang memiliki nilai lawal huruf H adalah 2 cell.


Countifs

Fungsi Countifs digunakan untuk menghitung cell berdasarkan beberapa kondisi (dipisahkan dengan titik koma “;”).
Contoh, dalam cell D15 kita menuliskan fungsi COUNTIFS(B3:B13;”H*”;C3:C13;”=18″) , dimana fungsi tersebut memiliki dua kondisi yaitu :

  • Menghitung cell B3:B13 yang memiliki nilai awal huruf H
  • Menghitung cell C3:C13 yang memiliki nilai sama dengan 18

Hasil yang didapatkan adalah 1 cell, karena hanya 1 cell yang memenuhi kedua kondisi tersebut.


Tambahan

  • Untuk menghitung cell yang memiliki nilai string yang sama kita dapat menggunakan fungsi COUNTIF(B3:B13;”Coby Banks”)
  • Untuk menghitung cell yang memiliki nilai string yang diawali dengan huruf “Jo” kita dapat menggunakan fungsi COUNTIF(B3:B13;”Jo*”)
  • Untuk menghitung cell yang memiliki nilai string yang diakhiri dengan huruf “n” kita dapat menggunakan fungsi COUNTIF(B3:B13;”*n”)
  • Untuk menghitung cell yang memiliki nilai string yang memiliki huruf “n” kita dapat menggunakan fungsi COUNTIF(B3:B13;”*n*”)
  • Untuk menghitung cell yang memiliki nilai yang tidak kosong kita dapat menggunakan fungsi COUNTIF(B3:B13;”<>”)
  • Untuk menghitung cell yang memiliki nilai yang kosong kita dapat menggunakan fungsi COUNTIF(B3:B13;””)

Posting Komentar untuk "Penggunaan Fungsi Count, Countif dan Countifs di Excel"