Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Strategi Jitu Memilih Produk yang Menghasilkan

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari suatu bisnis, Anda perlu memberikan perhatian khusus pada produk yang dijual melalui bisnis tersebut. Produk adalah inti dari suatu bisnis, tetapi produk bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan. Bisnis apapun yang Anda kelola, hal pertama yang diperhatikan oleh konsumen Anda adalah produk. Untuk membuat bisnis Anda melejit dan menghasilkan keuntungan besar, Anda perlu lebih teliti untuk memilih atau menentukan produk yang dijual. Inilah lima kriteria produk yang bisa Anda pilih untuk menunjang bisnis Anda.
1. Cepat laku

Jika ingin bisnis Anda melejit, Anda harus memilih produk yang cepat laku. Jika produk mampu meraih banyak konsumen dengan cepat, perputaran uang juga lebih cepat. Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dari keuntungan yang didapatkan dari penjualan sebelumnya. Sebelum memilih produk, lakukan survey dan ketahui produk yang paling diminati di pasaran. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan faktor ketahanan produk tersebut. Ketahanan yang dimaksud di sini adalah berapa lama produk tersebut mampu bertahan di pasaran. Tidak ada gunanya jika Anda menjual produk yang cepat laku tetapi hanya bersifat musiman. Keuntungan yang didapatkan tidak akan bertahan lama.

2. Biaya produksi terjangkau

Pilihlah produk yang bisa diproduksi dengan jumlah biaya yang bisa Anda tanggung. Jika Anda mengeluarkan terlalu banyak modal untuk membuat produk dan produk tersebut tidak diterima dengan baik di pasaran, Anda akan menanggung rugi besar. Selain itu, biaya produksi juga sangat menentukan harga jual dari produk tersebut.

3. Mudah diterima pasar

Pilihlah produk yang mampu diterima dengan baik di pasaran. Banyak konsumen mencarinya karena ada faktor kebutuhan. Jika Anda menjual produk yang tidak dibutuhkan oleh konsumen, mereka tidak akan mengeluarkan uang untuk membelinya. Selain itu, konsumen juga membeli produk karena ada faktor keinginan yang harus mereka penuhi. Buatlah produk Anda menjadi dibutuhkan atau diinginkan.

4. Tidak bertentangan dengan hukum atau peraturan yang berlaku

Jangan pernah memproduksi atau menjual produk yang bertentangan dengan hokum atau norma yang ada di tempat Anda. Tindakan ini akan menjadi risiko besar bagi bisnis Anda. Bisnis tentu akan mendapatkan kecaman dari masyarakat dan mereka akan terus memaksa Anda untuk menutup bisnis tersebut. Selain itu, Anda juga harus berurusan dengan pengadilan jika menjual produk yang bermasalah.

5. Mampu menarik konsumen

Daya tarik adalah alasan utama konsumen untuk membeli produk tertentu. Bisa jadi mereka tidak membutuhkan produk tersebut tetapi masih tertarik untuk membelinya. Pilihlah produk yang mampu menarik minat konsumen. Daya tarik tidak ada hanya pada kualitas. Kemasan atau strategi marketing bisa menjadi daya tarik untuk mendukung kesukesan bisnis Anda.


Posting Komentar untuk "5 Strategi Jitu Memilih Produk yang Menghasilkan"